Ini Dia Danau ‘Mata Biru’ Pulau Enggano

sportstourismindonesia.com – Bengkulu,

Bengkulu sebagai Provinsi di Pesisir Barat Pulau Sumatera, mewarisi kekayaan alam dan juga pesona bukit-bukit maupun pantainya.
Mulai dari Bunga Raflessia, Pantai Panjang atau Pulau Tikus. Namun tahukah kalau ada sebuah pulau lagi yang lebih besar berjarak 90 mil laut atau setara 156 kilometer jauhnya. Yakni Danau Mata Biru Pulau Enggano yang terletak di wilayah Malakoni, Bengkulu Utara.

Danau alami tepi pantai ini yang terletak di Dusun Tiga Desa Meok, Kec. Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara. Sebuah danau yang hanya berukuran sekitar 500 meter persegi yang terletak di pulau terluar Privinsi Bengkulu.

Danau Mata Biru Pulau Enggano
Danau Mata Biru Pulau Enggano

Bahasa Enggano pun menyebutnya mata biru, sebuah danau di tepi pantai yang airnya berasal dari mata air di bawah muka air laut. Warna danau yang hijau kebiru-biruan sangat menarik apalagi posisinya masih berada di pulau, bukan bagian dari lautan.

Danau ini memiliki kedalaman 7-9 meter dengan airnya yang sangat jernih. Kita bisa berenang atau snorkling di dalamnya. Destinasi ini masih sangat alami dan sangat terjaga.

Kunjungan wisata akhir-akhir ini juga semakin meningkat. Wisatawan lokal dan mancanegara mulai melirik potensi wisata di Pulau Enggano. Selain danau mata biru, ada pula Pulau Dua dan Batu Lobang. Semoga keindahan ini menjadi sesuatu yang menenangkan bagi yang berkunjung kesana.

)**berantanbengkulu/Yuri

BACA JUGA :  Tingkatkan Pergerakkan Wisnus, Menparekraf Luncurkan CoE Kalimantan Selatan 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

59 − = fifty six

Sports Tourism Indonesia