Kemenparekraf Gelar Lomba Semarakkan HUT RI Ke-78

sportstourismindonesia.com -Jakarta,

Menyemarakkan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-78, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mengadakan sejumlah lomba yang diikuti para pegawai yang berlangsung di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat (16/8).

Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Baparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani, saat membuka perlombaan mengatakan sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun di bulan kemerdekaan bukan hanya diperingati melalui penyelenggaraan upacara tetapi juga memperkuat keterlibatan masyarakat hingga kementerian/lembaga dalam memeriahkan suasana HUT RI Ke-78.

“Dengan menggelar berbagai jenis perlombaan di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf tentu ini menjadi sebuah momentum untuk kita bisa memperkuat rasa nasionalisme, solidaritas, semangat juang dan sifat gotong-royong yang menjadi identitas bangsa kita,” ujar Ni Wayan Giri.

Adapun jenis lomba yang digelar antara lain pertandingan olahraga bulu tangkis putra dan putri, tenis meja putra dan putri, serta catur. Selain itu juga perlombaan rakyat seperti memasukkan paku ke dalam botol, makan pisang dengan mata tertutup, dan lainnya. Ada juga lomba busana cosplay pahlawan nasional dan baju adat Indonesia.

Lebih lanjut, Ni Wayan menyampaikan, HUT RI ke-78 menandakan usia dan momentum yang perlu disyukuri yakni bahwa Indonesia telah berhasil keluar dari pandemi COVID-19.

“Pandemi mengingatkan kembali arti gotong royong. Melalui kerja keras dan kerja bersama seluruh unsur pentahelix pandemi bisa kita lalui. Saya berharap Indonesia dapat terus melaju agar semakin maju sesuai dengan tema perayaan bulan kemerdekaan kita di tahun ini,” kata Ni Wayan Giri.

Pada 2023 ini pemerintah telah menetapkan tema HUT RI Ke-78 Kemerdekaan Indonesia yakni “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” yang merefleksikan semangat bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan pembangunan, berkolaborasi bersama, memanfaatkan momentum untuk mewujudkan Indonesia Maju.

BACA JUGA :  Apresiasi Pembalap Gokart Muda Indonesia Berprestasi di Ajang Internasional

Pada 17 Agustus 2023 ada rangkaian kegiatan. Mulai dari Upacara Kehormatan dan Renungan Suci yang dilakukan pada dini hari. Dilanjutkan dengan Kirab Bendera Pusaka, Teks Proklamasi, dan Pertunjukan Seni, Rangkaian Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi, dan Rangkaian Upacara Penaikan dan Penurunan Bendera Merah Putih pada 17 Agustus 2023.

)**BS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

85 − eighty three =

Sports Tourism Indonesia