BATCC 2022-200 Km ; “DIRMAN PAKAI SEPEDA LIPAT FINIS 11 JAM”

TIDAK seperti biasa, pada Bandung All Terrain Cycling Challenge (BATCC) 2022, Sabtu (19/11) kemarin di Bandung, Dirman memakai sepeda lipat roda 16 inchi, bukan roda 22 inchi apalagi roda 700C. Alasannya biar gampang loading di KA karena sorenya harus ke Surabaya untuk urusan pekerjaan.

Dasar ‘badak’, start pukul 07 : 00 di halaman Hotel Santika, ia finis ditempat sama sore dengan catatan waktu ; elepsed time 11 jam 7 menit dan 27 detik, moving time 10 jam 3 menit dan 05 detik. Dengan catatan ini, lelaki geseng ini berarti hanya istirahat total keseluruhan satu jam.

Menurut karibnya, Tutus Kurniawan–yang juga ikut pakai MILUGO–dari 400-an peserta, rasa-rasanya hanya dua orang yang pakai sepeda lipat, sisanya gravel lingkar roda 700C. Tak heran ketika Dirman mendahului, banyak yang kesel karena yang dipakai sepeda lipat.

“Parah. Di tanjakan yang lain nuntun, dia (Dirman) ngacir,” jelas Tutus sambil tersenyum.

Tutus dan Dirman, sahabat lama yang bolak-balik ikut ultra challenge. Antara lain PBP (Paris-Brest-Paris), Bentang Jawa, audax dari 200 hingga 1.000 Km dan LEL (London-Edinburgh-London). Tutus sendiri belum lama ini sukses ikut Jogja Ultra Challenge 1.200 Km dan finis under COT (Cut-Off-Time).

BATCC sendiri event tahunan yang digagas Audax Randonneurs Indonesia. Dibagi dalam dua kelas ; 75 km dan 200 km. Sesuai dengan temanya “All Terrain” Jalur yang dipilih tidak semua beraspal mulus, namun kombinasi antara tanah, berbatu, aspal rusak, hingga masuk ke permukiman warga, atau yang ngetren dengan sebutan jalur ‘gravel’.

Di kelas 200 km sendiri, rute dimulai dari Bandung menuju barat ke arah Cileunyi lalu berbelok ke selatan mengitari pegunungan Bandung selatan. Dari ketinggian sekitar 1600 Mdpl, trek kembali menurun dan berlanjut menembus Soreang. Trek istimewa ini melewati jembatan kayu di wilayah Waduk Saguling mengarah ke Padalarang, Cimahi, hingga berakhir kembali di Bandung.

BACA JUGA :  Daya Tarik Wisata Titik Nol Kilometer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + 1 =

Sports Tourism Indonesia