Yayasan Batik Indonesia Helat Gelar Batik Nusantara 2023 “Batik, Bangkit!”

sportstourismindonesia.com – Jakarta,

Dengan tema yang diusung “Batik, Bangkit!” Yayasan Batik Indonesia (YBI) menghelat event dua tahunan Gelar Batik Nusantara 2023 (GBN 2023) berlangsung 2-6 Agustus di SPARK Senayan, Jakarta, dengan mengangkat keindahan batik tulis Complongan Indramayu sebagai salah satu jenis batik yang mendapatkan pengakuan ‘Indikasi Geografis’ (IG).

Sehingga salah satu aspek penting bagi perkembangan batik di Indonesia, dengan segala keunikan dan identitas daerah asal, adalah ketika Indonesia telah memiliki system penetapan Indikasi Geografis (IG).

Indikasi Geografis adalah suatu tanda yang menunjukkan daerah asal suatu barang dan/atau produk yang karena faktor alam, faktor manusia atau kombinasi dari kedua faktor tersebut memberikan reputasi, kualitas, dan karakteristik tertentu pada barang dan/atau produk yang dihasilkan.

Sampai dengan saat ini sistem penetapan IG tersebut telah berhasil menetapkan empat sertifikat IG Batik, yaitu: Sarung Batik Pekalongan, Batik Nitik Yogyakarta, Batik Besurek Bengkulu dan Batik tulis Complongan Indramayu.

Jajaran Panitia Gebyar Batik Nusantara, 2-6 Agustus 2023
Jajaran Panitia Gebyar Batik Nusantara, 2-6 Agustus 2023

Lewat Gelar Batik Nusantara 2023 (GBN 2023) menjadi bentuk semangat memajukan industri batik tanah air paska pandemi Covid-19. YBI ingin membangkitkan lagi Industri batik Indonesia, dengan memberikan ilustrasi batik tambal pada ikon ragam hias batik yang dipilih. Motif batik dari berbagai daerah di Indonesia yang ada memcerminkan keragaman keindahan Batik Nusantara.

Dan pengakuan UNESCO melalui akreditasi warisan budaya tak benda (Intangible Cultural Heritage) No. 90487 kepada YBI sebagai Yayasan non profit, sekaligus menegaskan peran YBI dalam melestarikan, mengembangkan, dan mempromosikan warisan budaya batik Indonesia secara nasional maupun internasional.

Gelar Batik Nusantara 2023 mengangkat keindahan batik tulis Complongan Indramayu sebagai salah satu jenis batik yang mendapatkan pengakuan Indikasi Geografis.

BACA JUGA :  "Istana Berbatik" Momentum Bangkitkan Ekonomi, Buka Lapangan Kerja

“Keindahan motif dan kualitas batik ini menjadi representasi seni dan keahlian budaya yang turun-temurun di wilayah Indramayu, Jawa Barat. Kolaborasi ini diharapkan akan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap batik Indramayu yang mempunyai keunikan tersendiri,” jelas Diana Santosa, Ketua Pelaksana Gelar Batik Nusantara 2023.

Gelar Batik Nusantara 2023 dijadwalkan akan dibuka Presiden Republik Indonesia sebagai bentuk dukungan Pemerintahan terhadap misi YBI untuk melestarikan Batik Indonesia.

Gelar Batik Nusantara 2023 terbuka untuk umum, serta akan menampilkan lebih dari 250 booth UMKM Batik Indonesia dan juga kuliner Nusantara. Selain itu akan menyuguhkan berbagai kegiatan menarik, seperti talk show seputar batik, kompetisi batik, sesi high tea dan fashion show oleh 6 designer Indonesia yaitu Didi Budiarjo, Chossy Latu, Wilson William, Hutama Adi, Priyo Octaviano, Ghea Panggabean yang akan mengangkat karyanya untuk Batik Indramayu.

Pada Gelar Batik Nusantara 2023 juga akan diadakan Charity dan Fund Raising bekerja sama dengan Yayasan Kanker Indonesia, Pemerintah Daerah Indramayu dan Pelelangan 2 (dua) unit Vespa Batik dari Piaggio Indonesia, yang bertujuan untuk membantu pemberdayaan perempuan dan para penderita Kanker di Indonesia.

Gelar Batik Nusantara 202 juga bekerja sama dengan 3 Interior Design Indonesia Agam Riyadi, Anita Boentarman, dan Hardian Thomas mengelola Batik di dalam Home and Living yang bisa menginspirasi masyarakat Indonesia untuk menggunakan Batik sebagai bagian dari interior rumah.

Sekaligus menutup seluruh rangkaian perhelatan Gelar Batik Nusantara 2023 akan diadakan Fun Walk and Run sejauh 5K.

YBI senantiasa mengapresiasi pelaku UMKM Batik Indonesia, hal ini dikuatkan dengan selalu diberikannya penghargaan bagi pelaku UMKM Batik yang perduli terhadap perkembangan Batik Indonesia bernama “Kriya Pusaka”.

BACA JUGA :  CHI AWARDS 2023 Berikan Penghargaan 4 Sosok Pelestari Seni Tari Tradisional Indonesia dan Bung Karno

Tahun ini pun YBI akan memberikan penghargaan tersebut kepada pelaku UMKM Batik Indonesia.

Maka dengan diadakannya Gelar Batik Nusantara 2023, YBI mengajak semua pihak, baik dari dalam negeri maupun internasional, untuk hadir dan berpartisipasi dalam Gelar Batik Nusantara 2023 (GBN 2023).

Mari bersama-sama mendukung pelestarian dan kemajuan industri batik Indonesia, serta merayakan kekayaan warisan budaya kita dan akan menjadi wadah untuk memajukan industri batik Indonesia, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keberagaman batik Nusantara, serta mengajak generasi muda untuk mulai mengapresiasi dan memasukkan unsur batik dalam kehidupan sehari-hari.

)**Yuri/foto ichsan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

26 + = thirty four

Sports Tourism Indonesia