Dorong Pelaku Ekraf Gorontalo Tingkatkan Kompetensi Lewat AKI 2023

sportstourismindonesia.com – Gorontalo,

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku ekonomi kreatif (ekraf) di Gorontalo untuk senantiasa meningkatkan kompetensi dan adaptif di segala situasi melalui program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI).

“Dunia cepat sekali berubah, oleh karena itu kalian harus melakukan reskilling, upskilling, dan newskilling,” kata Menparekraf Sandiaga dalam sambutan virtual di Pameran AKI 2023 di Citimall Gorontalo (4/8). Sandiaga juga mendorong para pelaku ekraf dan ke-27 finalis AKI 2023 Gorontalo agar tidak sungkan bertanya kepada para super mentor yang hadir dalam pameran ini.

Selain itu, Sandiaga berpesan kepada para peserta untuk selalu adaptif terhadap situasi di sekitarnya dan sigap mengambil peluang usaha. “Kalian juga harus adaptif dalam menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan sosial yang berlandaskan kearifan lokal di daerah masing-masing,” katanya.

Tidak hanya itu, Sandiaga mengatakan pentingnya menjaga relasi antara pelaku ekraf dangan berbagai pihak agar peluang-peluang usaha baru dapat terbuka lebar.

“Kita harus membangun relasi, networking, dan persahabatan serta kita ciptakan kolaborasi yang seluas-luasnya. Karena setiap silaturahim bisa memperpanjang umur dan melapangkan rezeki,” ujar Sandiaga.

Pameran ini juga diisi dengan workshop dari dua super mentor yaitu Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/ Baparekraf, Muhammad Neil El Himam; dan Penyanyi sekaligus pengusaha Chiki Fawzi.

)**BS

BACA JUGA :  Presiden RI Pimpin Penanaman 1.100.000 Bibit Mangrove Nasional Secara Serentak Oleh TNI - Polri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + four =

Sports Tourism Indonesia