Istana Surya Negara ehh Rumah Kuta ehhh Keraton Sanggau

SportsnTourism, Sanggau –

Yukkk … main ke daerah Sanggau! Tepatnya disana ada istana yang bernama Istana Surya Negara lho. Istana ini terletak di Jalan Pangeran Mas, Desa Tanjung Sekayam, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Istana Surya Negara telah ditetapkan sebagai salah satu cagar budaya Indonesia. Istana ini merupakan rumah kediaman resmi dari Raja Sanggau Surya Negara.

Istana Surya Negara memiliki banyak nama julukan, zaman dahulu banyak orang mengenalnya dengan nama “Rumah Kuta”, karena Istana merupakan rumah raja sekaligus pusat pemerintahan yang berada di tengah kota. Dan ada pula yang menyebutnya sebagai “Keraton Sanggau” … upsss.

Yupsss … hal ini tidak terlepas juga bahwa Kerajaan Melayu yang berada di Sanggau ini memiliki pengaruh dari Jawa (Kerajaan Majapahit) dan kata “Keraton” yang merupakan asal dari Bahasa Jawa.

Istana Surya Negara merupakan keraton peninggalan Kerajaan Sanggau. Pendiri Istana Surya Negara merupakan seorang wanita bangsawan Kerajaan Sanggau yang bernama Dara Nante berasal dari Kerajaan Sukadana, Ketapang.

Pada awalnya, keraton ini dibangun di Desa Mengkinang atau ke arah Hulu Sungai Sekayam. Pada tahun 1826, Sultan Ayub sebagai Panembahan kerajaan memindahkan pusat Kerajaan Sanggau ke Desa Kantuk serta mendirikan Masjid Jami yang terletak di Kota Sanggau.

Saat ini Istana Surya Negara dipimpin oleh Raja Sanggau Pangeran Ratu Surya Negara, Gusti Arman yang didampingi oleh Ratu Permaisuri Surya Negara, Sri Rahmawati.

Nahhh … Jangan lupa yoooo mamennn kunjungi situs bersejarah di daerah Sanggau. Yuk …. yuk …. yuk!

)***triviaberantin/ Yuri

BACA JUGA :  KELILING BALI DWIPA 400 KM

One thought on “Istana Surya Negara ehh Rumah Kuta ehhh Keraton Sanggau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighty nine − = eighty one

Sports Tourism Indonesia