Menparekraf Ajak IKA Unkhair Berkolaborasi Ciptakan SDM Unggul Sektor Parekraf

Morotai, 25 November 2022 – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak Ikatan Keluaga Alumni Universitas Khairun (Unkhair) di Maluku Utara untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, Sebagai upaya membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Menparekraf saat menghadiri acara IKA Unkhair Morotai, di Morotai Islamic Center, Jumat malam (25/11/2022), mengatakan IKA Unkhair memiliki peran strategis dalam menciptakan SDM yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

“Saya memiliki harapan agar Unkhair bisa berkolaborasi dengan program-program kita untuk mencetak entrepreneur-entrepreneur baru, karena UMKM itu mencetak 97 persen dari lapangan kerja kita,” kata Menparekraf Sandiaga.

Menparekraf mengatakan Morotai memiliki potensi luar biasa dengan adanya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai, sehingga diperlukan SDM unggul di Morotai untuk mengelolanya.

“Saya melihat bahwa Morotai sebenarnya sudah memiliki potensi yang luar biasa dengan adanya KEK, dengan adanya kawasan ekonomi stategis nasional, ini pencapaian yang luar biasa, memang setelah pandemi ini harus kita tingkatkan secara optimal,” kata Menparekraf.

Pada kesempatan itu, Menparekraf juga menyampaikan kesannya beribadah di Masjid Raya Baiturrahman Morotai, yang juga merupakan kawasan wisata religi di Morotai. Menurutnya masjid ini memiliki fasilitas daya tampung jemaah yang besar, dan juga dibarengi dengan fasilitas kebersihan yang memadai.

Ia berharap kawasan wisata religi di Masjid Raya Baiturrahman Morotai ini bisa menciptakan event-event regional yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan terciptanya peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya.

“Ini bisa menjadi tujuan wisata religi yang dikombinasikan dengan wisata bahari apalagi sudah dilengkapi auditorium yang besar, kita bisa mengundang event-event berbasis regional, yang berbasis MICE. Terpikir oleh saya jika ada Islamic Ekonomi Forum yang bisa kita laksanakan di sini untuk menggali potensi Morotai, karena ini ada fasilitas yang sangat memadai,” kata Menparekraf.

BACA JUGA :  Retribusi Rp.150 Ribu Wisman Bali : Jaga Lingkungan dan Budaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirty one − twenty six =

Sports Tourism Indonesia