Menparekraf: Istana Amantubillah Mempawah Daya Tarik Wisata Budaya Kalbar

Untuk membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja

Mempawah, 9 Februari 2023 – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebut Istana Amantubillah di Kabupaten Mempawah di Kalimantan Barat sebagai destinasi wisata budaya yang menjadi daya tarik wisata budaya bagi daerah tersebut.

Menparekraf Sandiaga melanjutkan kunjungan kerjanya di Kalimantan Barat, Kamis (9/2/2023), mengapresiasi upaya Pemerintah Provinsi Kalbar, Pemerintah Kabupaten Mempawah, Kerajaan Mempawah, dan pihak-pihak terkait dalam melestarikan nilai tradisi dan budaya yang menjadi daya tarik wisata di Mempawah. Menurutnya, potensi-potensi wisata yang dimiliki Mempawah patut dikembangkan sehingga ekonomi dapat bangkit dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

“Mempawah memiliki potensi (wisata) berbasis adat, budaya, maupun juga kearifan lokal dan ekonomi kreatif kekinian,” kata Sandiaga.

Sebagai bentuk dukungan pengembangan potensi tersebut, Sandiaga mengatakan pihaknya akan mendorong penguatan pengembangan wisata dan ekonomi kreatif berbasis komunitas di Mempawah serta pengembangan potensi melalui program-program yang ada di Kemenparekraf seperti Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif, serta penguatan infrastruktur wisata dengan dana alokasi khusus (DAK). “Jadi nanti ini akan kita koordinasikan dengan pemerintah kabupaten dan provinsi,” katanya.

Selain itu, dalam kesempatan serupa Sandiaga juga dianugerahi gelar kehormatan oleh Raja Mempawah, Pangeran Ratu Mulawangsa, yaitu Pangeran Matayasa Wangsa.

Pada kunjungan ini Menparekraf Sandiaga didampingi oleh Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf/Baparekraf, Dessy Ruhati. Turut hadir pula Bupati Mempawah, Erlina; dan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Kalbar, Windy Prihastari.

BACA JUGA :  Layanan Imunoterapi Sel Dendritik dr.Terawan di RSU Royal Prima Sumut, Mengurangi Wisata Kesehatan ke LN

One thought on “Menparekraf: Istana Amantubillah Mempawah Daya Tarik Wisata Budaya Kalbar

  1. Great job on this article! It was very engaging and informative. I’m eager to hear different viewpoints on this. Click on my nickname for more engaging content.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ fifty two = fifty nine

Sports Tourism Indonesia