Dukung Event Sport Tourism Dieng Orienteering Race 2023

Sportstourism, Jakarta –

Sebagai upaya mempromosikan destinasi wisata yang memiliki daya tarik budaya dan keindahan alam, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendukung gelaran event sport tourism Dieng Orienteering Race yang diselenggarakan di Kawasan Wisata Dieng, Jawa Tengah, 19-21 Mei 2023.

Dieng Orienteering Race merupakan kegiatan penjelajahan di alam terbuka untuk menemukan titik-titik kontrol secara cepat menggunakan teknik navigasi dimana aktivitas utamanya yaitu berlari dan bersepeda.

“Perlombaan ini akan mengajak peserta mengelilingi keindahan wisata alam dan budaya di Dieng dan merasakan sensasi lomba orienteering dengan titik ketinggian tertinggi dan terdingin yang ada di Indonesia sehingga menjadi lomba orienteering yang paling menantang di Indonesia,” jelas Menparekraf Sandiaga Uno.

Selain sport event, Kawasan Dieng juga terus didukung Kemenparekraf agar lebih banyak lagi mendatangkan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara. Disamping ada juga dua desa wisata di Dieng yang masuk dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia dan Karisma Event Nusantara yaitu Jazz Di Atas Awan, ujarnya.

Orienteering Race adalah sekelompok olahraga yang membutuhkan keterampilan navigasi menggunakan peta dan kompas untuk menavigasi dari point ke point di medan yang beragam dan bergerak dengan kecepatan, kemampuan membaca peta, pengetahuan navigasi, stamina dan olah fisik yang baik tentu menjadi syarat penting mengikuti wisata olahraga ini.

Sedangkan Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf/Baparekraf Dessy Ruhati menjelaskan, bahwa ini adalah salah satu bentuk dukungan untuk mempromosikan destinasi pariwisata.

“Kami mendukung kegiatan sport tourism. Orienteering ini merupakan olahraga yang diminati baik wisatawan di dalam maupun luar negeri yang sekarang sudah menggeliat di Indonesia. Kami juga ingin event ini diselenggarakan dengan taraf internasional. Dimana tahun lalu terdapat 198 peserta dari 8 provinsi dan 3 negara,” ujarnya.

BACA JUGA :  PSSI Kerjasama JFA 'Timnas Putri' PSSI Contoh Liga Jepang

Sedangkan Race Director Dieng Orienteering Race 2023 Rahman Mukhlis menjelaskan, kegiatan ini sangat mengandalkan navigasi sambil berlari mencari satu titik. Para peserta nanti diberi peta dan kompas untuk mencari titik tersebut dan tidak diperbolehkan membawa ponsel. Dan para peserta akan menempuh jarak 4-6 kilometer tergantung kategori.

Nanti yang diukur adalah kecepatan, ketepatan, dan kelestarian lingkungan. Dimana akan ada 24 titik yang harus ditempuh dan ini sangat menarik terlebih udara dingin Dieng menjadi salah satu tantangan utamanya, jelasnya.

)***Yuriyuri

One thought on “Dukung Event Sport Tourism Dieng Orienteering Race 2023

  1. I found this article both enjoyable and educational. The points made were compelling and well-supported. Let’s talk more about this. Check out my profile for more interesting reads.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− one = 6

Sports Tourism Indonesia