Buka National Coaching Clinic Wasit, Juri dan Pelatih, LaNyalla Ingatkan Nilai Luhur Pencak Silat

SportsnTourism, Banyuwangi –

Saat berkunjung ke Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dalam kegiatan resesnya, Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti berkesempatan membuka kegiatan National Coaching Clinic Wasit, Juri dan Pelatih Pencak Silat 2023.

Pada kegiatan yang mengambil tema ‘Bangkitkan Mental Atlet Demi Prestasi Dunia’ itu, LaNyalla mengingatkan agar stakeholder di olahraga seni beladiri pencak silat agar selalu memegang teguh empat aspek nilai luhur pencak silat.

“Empat aspek nilai luhur pencak silat itu adalah aspek spiritual, seni gerak, beladiri dan olahraga. Saya meminta agar empat aspek nilai luhur ini dipegang teguh, baik oleh wasit, juri, pelatih dan atlet itu sendiri,” kata LaNyalla saat membuka acara yang diselenggarakan IPSI Kabupaten Banyuwangi dan
Blambangan National Championship di Aula Kantor Kecamatan Giri Banyuwangi, Rabu (13/12).

Pada kesempatan itu, LaNyalla mengapresiasi pencak silat yang mampu menorehkan banyak prestasi di kancah internasional. Yang terbaru, kata LaNyalla, pencak silat Indonesia berhasil meraih juara umum di ajang SEA Games 2023 di Kamboja. Tak tanggung-tanggung, olahraga asli Indonesia itu meraih 9 medali emas, 6 perak dan 1 perunggu.

“Pencapaian itu tentu membanggakan, tak hanya bagi mereka yang terlibat dalam cabang olahraga pencak silat saja, tetapi juga seluruh rakyat Indonesia. Yang juga membanggakan adalah, capaian medali tersebut melampaui dari target yang dicanangkan,” ujar LaNyalla.

Oleh karenanya, Senator asal Jawa Timur itu menilai peningkatan kapasitas
teknikal kepada mereka yang terlibat di dalam pembinaan atlet pencak silat Indonesia harus tetap dijaga dan ditingkatkan.

Salah satunya adalah melalui pelatihan atau coaching clinic untuk juri, wasit dan pelatih, yang hari ini diselenggarakan oleh IPSI Kabupaten Banyuwangi bersama Blambangan National Championship.

BACA JUGA :  Chassing The Eagle Shadow : Ngudag-udag Kalangkang Heulang

“Saya berharap coaching clinic hari ini mampu menghasilkan juri, wasit dan pelatih pencak silat yang profesional, andal dan menjunjung tinggi sportivitas,” harap LaNyalla.

Hadir pada kesempatan itu Ketua Harian IPSI Kabupaten Banyuwangi Janoto, Wakil Ketua II IPSI Banyuwangi Sugi Hariyono, Sekretaris Umum IPSI Banyuwangi Hidayaturrahman, Presiden Blambangan National Championship Yuwono Darpito, Ketua Panitia Acara Winarno, serta puluhan juri, wasit dan pelatih pencak silat.

)***Yuri

One thought on “Buka National Coaching Clinic Wasit, Juri dan Pelatih, LaNyalla Ingatkan Nilai Luhur Pencak Silat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixty one − fifty six =

Sports Tourism Indonesia