Emas Perdana SEA Games Tim Basket Putri Indonesia Catat Sejarah

Sportstourism, Kamboja – Sejarah ditorehkan Tim bola basket putri Indonesia lewat raihan medali emas pertama di ajang SEA Games 2023.

Sebelum mencetak sejarah dengan meraih emas perdananya, tim bola basket putri Indonesia memiliki tiga perak yang masing-masing didapat pada SEA Games 1991, 2015, dan 2021.

Di laga terakhir, dengan skor 86-39, skuad Merah Putih mengalahkan Singapura. Sekaligus membuat Indonesia kokoh di puncak klasemen dengan 12 poin, hasil dari enam kemenangan beruntun.

Pelatih Timnas Bola Basket Putri Indonesia Lin Chin-Wen menjelaskan bahwa kesuksesan ini hasil dari persiapan matang yang ia lakukan bersama tim, ditengah – tengah tidak ada liga basket putri di tanah air.

“Kami berlatih tanpa henti karena memang tidak ada liga untuk putri di Indonesia. Kami juga melakukan uji coba ke Taiwan. Semangat dan motivasi para pemain berbeda dengan tahun lalu (SEA Games 2021 Vietnam, red).

“Mereka solid hingga bisa menampilkan permainan terbaik,” kata Lin Chin-Wen.

Sementara kapten tim Henny Sutjiono mengatakan kemenangan sempurna memang menjadi target para pemain, walau sudah dinyatakan sebagai Juara pada laga sebelum melawan Singapura.

Dengan prestasi yang diraih pada ajang SEA Games Kamboja ini diharapkan berlanjut ke kompetisi-kompetisi lainnya, termasuk Asian Games.

“Kami ingin menyempurnakan emas dengan kemenangan sempurna. Kami terus berlatih dan semoga kemenangan ini bisa terus berlanjut pada SEA Games berikutnya dan kami juga bisa bersaing di Asian Games China,” tutur Henny.

Medali emas pertama di SEA Games 2023 ini, tim bola basket putri Indonesia mengawali dengan kemenangan atas Vietnam 67-62. Kemudian menang tipis dari Thailand 70-69, lalu mengalahkan Malaysia 85-57, sebelum menang dari tim kuat Filipina dengan skor 68-89.

BACA JUGA :  Event Bukit Lawang Orangutan Trail 2024: Memperkuat Pariwisata dan Komunitas Lokal di Sumatera Utara

Setelah itu, Henny dan kawan-kawan kembali memenangi laga melawan tuan rumah Kamboja dengan skor 100-54, sebelum laga pamungkas dengan Singapura.

)***benksu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = seven

Sports Tourism Indonesia