Lomba Spot Wisata, Ajak 144 Desa Kembangan Desain Wisata Berbasis Ekowisata

sportstourismindonesia.com, Lembata –

Dalam upaya mendorong pengembangan spot wisata di Kabupaten Lembata, Kepolisian Resor (Polres) Lembata, NTT, akan menggelar lomba Spot Wisata Antar Desa dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023 dengan melibatkan 144 Desa yang ada di Kabupaten Lembata. Lomba memperebutkan Piala Kapolres Lembata dan sejumlah hadiah menarik lainnya.

Kapolres Lembata, AKBP Dr. Josephien Vivick Tjangkung menjelaskan setelah menggelar kegiatan ‘Jumat Curhat’, Polres banyak menerima keluhan dari masyarakat. Salah satu keluhan yang kerap disampaikan adalah pemanfaatan lokasi wisata atau spot wisata untuk hal-hal negatif pada jam sekolah oleh anak-anak sekolah.

Para siswa, ditambahkannya, selain memanfaatkan lokasi wisata yang sudah dikembangkan pemerintah, juga lokasi wisata yang belum dikenal masyarakat untuk aktivitas yang negatif di jam sekolah.

“Oleh karena itu, tempat yang digunakan untuk hal negatif bisa berubah menjadi tempat yang bermanfaat dan sekaligus menjadi tempatt aktivitas (ekonomi) masyarakat bisa berjalan,” katanya.

Karena itu, Polres Lembata akan menggelar lomba spot wisata yang melibatkan 144 Desa se-Kabupaten Lembata. Dimana setiap Desa akan mengutus 30 anak sekolah dan remaja untuk terlibat aktif dalam lomba  pengembangan desain wisata berbasis ekowisata tersebut, jelasnya.

Dalam lomba ini, setiap spot wisata yang dilombakan diarahkan pula untuk memasang papan promosi dan sosialisasi Undang-undang dan KUHP dengan pasal-pasalnya agar dapat diketahui oleh setiap pengunjung.

“Kami minta Kepala Desa untuk menggerakan 30 orang anak muda dan siswa yang memiliki jiwa seni membuat kreasi menggunakan bahan alam dan mengubahnya menjadi tempat yang indah. Sekaligus menjadikan tempat wisata tersebut untuk memajukan UMKM,” kata Vivick Tjangkung.

Vivick berharap, para wartawan yang bertugas di Lembata ikut mendukung kegiatan ini dan membantu masyarakat desa mempromosikan spot wisatanya agar tidak hanya aktif untuk mengikuti lomba namun akan terus dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

BACA JUGA :  Kemenparekraf Gelar Rakornas Perguruan Tinggi Pariwisata Tingkatkan Pengembangan SDM Unggul dan Berdaya Saing

)***Humas Polres Lembata

One thought on “Lomba Spot Wisata, Ajak 144 Desa Kembangan Desain Wisata Berbasis Ekowisata

  1. Fantastic article! Your perspective on this topic is truly insightful. For those looking to explore this further, I found an excellent resource that complements your points: READ MORE. I’m eager to hear what others think about this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty three − nineteen =

Sports Tourism Indonesia