Wamenparekraf: Kejurnas Babak Kualifikasi PON 2024 Cabor Muaythai Semarakkan Sport Tourism Indonesia

SporstnTourism- Surabaya,

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/ Wakabaparekraf) Angela Tanoesoedibjo menyebutkan Kejuaraan Nasional (Kerjurnas) Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 cabang olahraga muaythai sejalan dengan pengembangan sport tourism dan menyemarakkan wisata olahraga di Indonesia.

Wamenparekraf Angela dalam pernyataannya, di Gelora Pancasila, Surabaya (26/8) mengapresiasi upaya Pengurus Besar Muaythai Indonesia yang menginisiasi event yang telah sukses diselenggarakan sejak Minggu, 20 Agustus 2023 hingga Sabtu (26/8).

“Event ini sejalan dengan upaya pengembangan sport tourism yang telah menjadi tren pariwisata baru, dimana pasarnya sangat besar dan luas,” kata Wamenparekraf Angela.

Indonesia telah diakui sebagai basis penggemar olahraga terbesar di dunia dengan pertumbuhan sport tourism di Indonesia bisa mencapai Rp18,79 triliun hingga 2024.

Kehadiran sport tourism dikatakan Angela dapat memberikan multiplier effect pada kegiatan ekonomi masyarakat termasuk UMKM lokal.

“Saya pikir ini adalah konsep yang sangat menarik. Bagaimana olahraga dan UMKM ini bisa bersatu khususnya ekonomi kreatif. Karena kalau olahraga sendiri peminatnya banyak. Tentunya mereka butuh hiburan juga. Dan di sinilah kehadiran UMKM,” ujarnya.

Dalam event tersebut, Wamenparekraf Angela berkesempatan mengalungkan medali kepada para pemenang kejurnas.

“Saya berharap event ini dapat melahirkan atlet muaythai Indonesia yang mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional,” ujar Angela.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan para atlet yang lolos kerjurnas kali ini akan mengikuti PON 2024 yang diselenggarakan di Aceh dan Sumatra.

“Selamat kepada semua atlet yang telah meraih prestasi terbaik. Pesan saya jangan berpuas diri dengan prestasi yang diraih di Kerjurnas Babak Kualifikasi. Jadikan ini sebagai awal prestasi untuk mengibarkan bendera merah putih di ajang internasional,” katanya.

BACA JUGA :  KANGEN GOWES DALKOT-AN

****BS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − = five

Sports Tourism Indonesia