Event BLOT 2023 ‘Picu Perhatian’ Wisata Bukit Lawang dan Tangkahan

sportstourismindonesia.com, Langkat –

PLT Bupati Langkat, Syah Afandin mengatakan bahwa efek dari BLOT ini wisatawan yang datang ke Bukit Lawang memang bertambah. Ia mengucapkan terima kasih atas perhatian Wagub Sumut dan Menpora RI.

“Alhamdulilah mau berkunjung ke kabupaten kami pak. Kami berharap wisata Bukit Lawang dan Tangkahan diperhatikan,” harapnya.

Seperti diketahui, Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara ( Sumut), Musa ‘Ijeck’ Rajekshah bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo menyaksikan orangutan yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) (27/5) berkaitan dengan perhelatan Bukit Lawang Orangutan Trial Run (BLOT) 2023 di Kecamatan Bahorok, Bukit Lawang Kabupaten Langkat.

Di kawasan tersebut, Musa Rajekshah bersama Dito sempat menjumpai seekor orangutan ‘siAlang’ (Aset Langkat). Dan dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara ( Sumut), Musa ‘Ijeck’ Rajekshah, memaparkan bahwa TNGL ini merupakan salah satu paru-paru dunia bersama hutan Amazon. Begitu luar biasanya keindahan alam Bukit Lawang dan TNGL dengan endemik orangutannya. Dan kebetulan rute lari BLOT 2023 melintasi TNGL, ujarnya.

“Di Indonesia, ada di sini TNGL dan Kalimantan. Malaysia juga punya di Kuching,” lanjut pria yang akrab disapa Ijeck tersebut.

Ijeck juga menjelaskan bahwa pariwisata Bukit Lawang ini sudah dikelola sejak tahun 1980 an dan sudah menjadi tempat wisata turis mancanegara.

“Dan kemarin saat saya bertemu dengan Pak Presiden, kami berharap agar Pak Presiden datang dan berkunjung ke Bukit Lawang khususnya ke Kabupaten Langkat,” tegas Ijeck.

Lebih lanjut pihaknya juga menerangkan bahwa Presiden sudah mencatat beberapa permasalahan, dan mudah-mudahan katanya dapat segera direalisasikan. Terutama untuk perbaikan-perbaikan jalan nasional. Karena ini sangat besar efeknya untuk pariwisata, ungkapnya.

BACA JUGA :  Potensi Panggung Krapyak Desa Panggungharjo Jadi Warisan Budaya Dunia UNESCO

Ijeck juga menyebut bahwa Bupati Langkat juga sudah mengenalkan Bukit Lawang dan Tangkahan. Dan BLOT 2023 ini salah satu sport tourism yang dikembangkan. Selain di Bukit Lawang, Musa Rajekshah juga mengembangkan sport tourism di Nias yakni Surfing dan Rally di Danau Toba.

“Dan alhamdulilah Pak Presiden mendengarkan kami. Presiden akan dukung itu dan November kemungkinan akan hadir di Danau Toba. Mudah-mudahan event ini bisa terus berjalan. Karena selain BLOT kita ada juga Mountain Bike di Bukit Lawang,” jelasnya.

Menpora, Dito dalam kesempatan itu mengatakan bahwa pihaknya menilai sebenarnya infrastruktur menuju Bukit Lawang juga tidak terlalu buruk. Memang masih ada beberapa jalan yang berlubang-lubang. Tapi relatif bagus.

“Aspirasinya sudah kita sampaikan ke Pak Presiden dan mudah-mudahan ditindaklanjuti,” pungkasnya.

)***BS/yuriyuri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

22 + = twenty nine

Sports Tourism Indonesia