Menparekraf Dukung Oceanman Bali 2023 Asian Championship ‘Open Water Swimming’

sportstourismindonesia.com – Jakarta,

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendukung penuh ajang Oceanman Bali 2023 Asian Championship di Intercontinental Bali Resort, 7-9 Juli 2023. Dalam “The Weekly Brief With Sandi Uno” di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat (3/7), Menparekraf mengatakan kegiatan ini berhasil melibatkan banyak pelaku UMKM di Bali. Sehingga hal ini bisa memicu kebangkitan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja.

Tak hanya itu, event olahraga yang mengusung tema open water swimming seperti Oceanman ini sangat berpeluang untuk meningkatkan potensi wisata bahari dan wisata olahraga yang ada di Indonesia.

Oceanman Bali 2023
Sambutan Menparekraf saat pembukaan Oceanman Bali 2023

“Kita perlu sekali meningkatkan (potensi wisata bahari) karena kita ini negara bahari dan peluang open water swimming ini banyak sekali,” kata Sandiaga.

Sementara Direktur Event Daerah Kemenparekraf/Baparekraf, Reza Fahlevi, menambahkan event-event seperti Oceanman ini diyakini dapat mempercepat kedatangan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Terlebih Oceanman Bali 2023 Asian Championship ini menargetkan peserta dari berbagai negara Asia.

“Kami siap memfasilitasinya agar event-event seperti ini bisa terselenggara lebih banyak lagi dan tentu akan mempercepat pergerakan wisman dan wisnus di Indonesia,” kata Reza.

Sementara itu, Co-founder Oceanman Indonesia, Albert Sutanto menjelaskan ada lima kategori kompetisi yang diperlombakan dalam Oceanman Bali 2023 Asian Championship kali ini yaitu Oceanman 10 Kilometers, Half Oceanman 5 Kilometers, Sprint Oceanman 2 Kilometers, Ocean Kids 1 Kilometer, dan Relay.

“Relay ini merupakan kompetisi 3 x 500 meter dan diperuntukkan untuk keluarga,” kata Albert.

Tarif Pura Besakih

Dalam kesempatan ini Menparekraf Sandiaga juga mengumumkan adanya perubahan tarif layanan di Kawasan Suci Pura Agung Besakih, Bali. Adapun perubahan tersebut adalah sebesar Rp.60 ribu bagi wisman dan Rp.30 ribu bagi wisnus.

BACA JUGA :  Mayjen TNI Achmad D. Cardien Dukung BOLT 2023
Menparekraf Sandiaga umumkan perubahan tarif Kawasan Suci Pura Agung Besakih
Menparekraf Sandiaga mengumumkan adanya perubahan tarif layanan di Kawasan Suci Pura Agung Besakih

Tarif ini termasuk jasa penggunaan sarung dan pendampingan oleh guide lokal. Selain itu, untuk layanan kendaraan listrik, dikenakan biaya Rp.30 ribu bagi wisman dan Rp.20 ribu bagi wisnus.

“Ini tentunya adalah bagian dari upaya kita memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke Kawasan Suci Pura Agung Besakih yang tentunya kita harus lindungi keagungannya, kesuciannya, dan taksu-nya,” kata Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan perubahan tarif ini sesuai dengan visi pembangunan Bali yaitu “Nangun sat kerthi loka Bali”, di mana pola pembangunan ini adalah pembangunan semesta berencana menuju Bali era baru.

“Jadi saya sangat yakin upaya untuk kita merumuskan kebijakan pengelolaan fasilitas ini adalah dalam konsep pariwisata yang berbasis budaya, berkualitas, dan bermartabat,” katanya.

****BS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirty five − = 28

Sports Tourism Indonesia