Oceanman Bali 2023 Asian Championship Diikuti 700 Peserta Dari 29 Negara

sportstourismindonesia.com – Bali,

Event Oceanman Bali 2023 Asian Championship, 7-9 Juli 2023 di Intercontinental Bali Resort memasuki tahun kedua penyelenggaraannya. Dihadiri 700 peserta dari 29 negara dunia.

Menurut Felix Susanto, Founder Oceanman Indonesia, bahwa jumlah peserta tahun ini mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya karena situasi pandemi yang mulai mereda.

“Event ini menjadi Asian series untuk kejuaraan di benua Asia. Dan masyarakat dari negara lain yang sudah juara Eropa sangat antusias ikut acara ini agar bisa menjadi juara di benua Asia,” jelas Felix.

Sementara Co-founder Oceanman Indonesia Albert Sutanto, mengatakan bahwa dengan banyaknya peserta dari berbagai negara, acara ini mampu menjadi wadah terbaik untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Apalagi, menurutnya, acara tahun ini akan melibatkan peserta keluarga mulai dari orang tua dan anak-anak.

“Kami merancang acara ini bukan hanya untuk profesional saja, tetapi, juga untuk amatiran. Dengan tujuan mengajak banyak orang untuk berlomba sekaligus melihat pariwisata di Indonesia,” ungkap Albert.

Ada lima kategori kompetisi yang diperlombakan dalam Oceanman Bali 2023 Asian Championship. Kategori pertama adalah Oceanman 10 Kilometers, Half Oceanman 5 Kilometers, Sprint Oceanman 2 Kilometers, Ocean Kids 1 Kilometer, dan Relay.

“Relay ini merupakan kompetisi 3 x 500 meter dan diperuntukkan untuk keluarga,” dia menambahkan.

“Tahun lalu saya sempat ikut acara ini dan ternyata sukses walaupun saya sempat khawatir karena masih dalam kondisi COVID-19. Melalui event ini banyak produk UMKM yang ditampilkan seperti kopi, makanan dan lainnya,” ucap Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki potensi yang besar dalam menghadirkan event olahraga dengan tema open water swimming seperti Oceanman. Event ini berpeluang meningkatkan potensi wisata bahari dan wisata olahraga yang ada di Indonesia. Selain promosi, Kemenparekraf, juga mendukung event ini dengan memperluas jejaring di daerah lain selain Bali.

Direktur Event Daerah Kemenparekraf, Reza Fahlevi, mengatakan pihaknya akan mendorong acara ini ke daerah lainnya agar dapat tumbuh di seluruh wilayah nusantara.

“Tentunya juga didukung dengan operator-operator daerah yang profesional agar event bagus seperti ini jauh lebih banyak lagi. Dengan demikian, akan mempercepat target kunjungan wisman dan juga menambah pergerakan wisnus di Indonesia,” ujar Reza.

)**Yuri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixty five − sixty three =

Sports Tourism Indonesia